Tipe Isi Dan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Buku Ajar Sebagai Bahan Penyusunan Rambu-rambu Penulisan Buku Ajar

Document Details:
  • Author: Asep Nurjamin
  • Contact: -
  • Supervisor: -
  • Type: Disertasi
  • Division: Pendidikan Bahasa Indonesia S-3
  • Language: Indonesia
  • Publisher: Universitas Pendidikan Indonesia
  • Published: 2010-07-21
  • Location: Universitas Pendidikan Indonesia
  • City: Bandung
 add to bookmark | report abuse

ABSTRACT: enelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Sampel penelitian teridiri atas empat buku, yaitu: (1) Belajar Bahasa Indonesia IA karangan Nina Murliana, et al., (2) Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk SD Kelas 1 karangan Hanif Nurcholis and Mafrukhi, (3) Belajar Bahasa Indonesia 6A karangan Ninu Murliani, et al., (4) Bina Bahasa dan Sastra Indonesia karangan Asep Effendi, et al. Buku kelas satu mewakili buku dari kelas bawah sedangkan buku kelas enam mewakili buku dari kelas tinggi.

Sampel penelitian dideskripsikan, dianalisis, dan dibahas dari segi (1) tipe isi berdasarkan: tujuan pembelajaran, keseimbangan porsi keterampilan berbahasa, ketepatan dan kefasihan, keterwakilan isi silabus, orientasi pembelajaran, dan kemudahan dalam penggunaan; serta (2) dari segi penggunaan bahasa Indonesia yang meliputi aspek wacana, paragraf, kalimat, serta kata dan istilah. Selanjutnya, disusun rambu-rambu penulisan buku ajar bertife komunikatif.

Hasil penelitian: (1) berdasarkan tujuan pembelajaran, keseimbangan porsi keterampilan berbahasa, ketepatan dan kefasihan, keterwakilan isi silabus, serta orientasi pembelajarannya, sampel penelitian ini dapat dikategorikan buku yang bertife komunikatif. Akan tetapi, dari segi pengorganisasian siswa keempat buku tersebut dikategorikan sebagai buku bertife tradisional. (2) Berdasarkan wacana, kalimat, serta kata aspek bahasa yang dipergunakannya dikategorikan baik. Kekurangan: (a) ada kecenderungan untuk lebih banyak menampilkan wacana narasi, (b) cenderung mengabaikan pencantuman nama pengarang dan sumber kutipan, serta (c) ditemukan banyak wacana yang ditampilkan sebagian saja, tidak utuh. (3) Rambu-rambu penulisan buku ajar: buku ajar bertife komunikatif memiliki isi yang dilandasi prinsif-prinsif pendekatan komnikatif dan menggunakan bahasa yang komunikatif pula.

Kesimpulan: sebagian besar isi sampel penelitian memenuhi lima kriteria sebagai buku bertife komunikatif tetapi dari segi kemudahan dalam penggunaannya, sampel penelitian ini masih tergolong buku bertife tradisional. Saran: buku ajar hendaknya menyediakan jenis wacana yang lebih variatif, seharusnya dilakukan editing yang seksama terhada penggunaan bahasa, buku ajar harus dilengkapi dengan media berbentuk rekaman suara untuk bahan simakan, buku ajar seharusnya mencantumkan sumber karangan disertai nama pengarang pada setiap wacana.

KEYWORDS: Pendidikan, Bahsa Indonesia


DOCUMENT'S FILES :
d_ind_009815_chapter1.pdf (259 KB)
d_ind_009815_chapter2.pdf (341 KB)
d_ind_009815_chapter3.pdf (250 KB)
d_ind_009815_chapter5.pdf (406 KB)
d_ind_009815_bibliography.pdf (339 KB)

Source: http://repository.upi.edu/id/eprint/7687